Sunday 18 January 2015

5 ALASAN KENAPA HARUS RAJIN BEROLAHRAGA





Tubuh akan senantiasa sehat bila berolahraga, jelas lah semua orang memahaminya. Tujuan berolahraga adalah agar kesehatan tubuh bisa terjaga. Itu manfaat berolahraga secara umum. Apabila kita coba untuk lebih spesifik lagi, maka akan banyak sekali dijumpai alasan logis, kenapa kita harus berolahraga. Tapi tahukah apa 5 alasan Anda harus rutin berolahraga?


1. Beban berat otot

Perlu ketahui, semakin banyak otot yang Anda miliki, makan sistem metabolisme dalam tubuh akan semakin baik. Untuk itu, rajin- rajinlah berolahraga yang tujuannya untuk membentuk berat otot Anda.


2. Meminimalisir stress

Olahraga tidak menghapus stres, namun paling tidak dengan berolahraga bisa meminimalisir stres. Tak jarang dari setiap orang mengalami stres karena pekerjaan atau masalah pribadi, Untuk itu cobalah berolahraga setiap hari dan temukan manfaatnya. Bila kita sedang stres karena pekerjaan atau masalah pribadi, jalan keluar yang positif, salah satunya dengan olahraga. manfaat berolahraga untuk mengurangi stres, tubuh akan terisi oleh energi sehingga suasana hati menjadi lebih baik.


3. Memperkuat Tulang

Banyak orang mengeluh dikarenakan mengalami tulang keropos. Hal itu terjadi dikarenakan gaya hidup yang tidak dibarengi olahraga. Disarankan mulai sekarang untuk rajin berolahraga angkat beban sehingga tulang menjadi kuat tak lagi keropos.


4. Hipertensi

Tekanan darah tinggi disebabkan adanya penggumpalan dalam arteri. Penggumpalan tersebut dapat diurai hanya dengan berolahraga. Olahraga yang rutin akan secara otomatis menjaga tekanan darah. Sehingga penyakit kardiovaskular bisa dihindari.


5. Sistem kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh mempunyai tugas yang cukup penting dalam memerangi racun yang masuk dalam tubuh. Sistem kekebalan tubuh memiliki kadar yang sedikit karena faktor usia. Oleh karena itu, Anda sebaiknya untuk rajin-rajin berolahraga agar tubuh tetap bisa memproduksi sistem kekebalan. Beberapa penelitian menemukan bahwa selain asupan nutrisi yang adekuat, olahraga juga membantu sistem imun memerangi infeksi seperti flu. Melalui olahraga teratur, jumlah dan agresivitas sel imun tertentu, yang disebut sebagai natural killer cells meningkat sebanyak 50% hingga 300%.




Itulah 5 alasan Anda harus rutin berolahraga. Ingatlah, olahraga tidak selalu berada di tempat pusat kebugaran. Banyak sekali pilihan dalam hal berolahraga. Anda bisa berjalan santai, berlari, sit up, push up, dan gerakan lain yang cukup dilakukan di sekitar rumah dan bahkan di tempat kerja. Niat dan tetap semangat sehingga takkan ada jalan yang merintangi untuk berolahraga.

No comments:

Post a Comment