Saturday, 22 June 2013

Contoh proposal ronde keperawatan

BAB 1
PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang
Managemen adalah proses bekerja melalui staff keperawatan untuk memberikan asuhan keperawatan secara professional. Disini dituntut tugas manajer keperawatan untuk merencanakan, mengorganisir, memimpin dan mengevaluasi sarana dan prasarana yang tersedia untuk memberikan asuhan keperawatan seefektif dan seefisien mungkin bagi individu, keluarga, dan masyarakat (Gillies, 1996).
Salah satu strategi untuk mengoptimalkan peran dan fungsi perawat dalam pelayanan keperatan adalah pembenahan manajemen keperawatan karena dengan adanya factor kelola yang optimal diharapkan mampu menjadi wahana peningkatan keefektifan pembagian pelayanan keperawatan sekaligus lebih menjamin kepuasan klien terhadap pelayanan keperawatan.
Ronde keperawatan adalah suatu bagian kegiatan asuhan keperawatan dengan membahas kasus tertentu dengan harapan adanya transfer pengetahuan dan aplikasi pengetahuan secara teoritis kedalam praktek keperawatan secara langsung yang dilakukan oleh perawat konselor, kepala ruangan, MA, kabid keperawatan dengan melibatkan seluruh tim keperawatan.    Karakteristik dari ronde keperawatan meliputi : pasien dilibatkan secara langsung, pasien merupakan fokus kegiatan, perawat yang terlibat melakukan diskusi, konselor memfasilitasi kreatifitas dan membantu mengembangkan kemampuan perawat dalam meningkatkan kemampuan mengatasi masalah.
  1. Tujuan
1.      Tujuan Umum
Setelah dilakukan ronde keperawatan diharapkan masalah klien dapat teratasi.
2.      Tujuan Khusus
Setelah dilakukan keperawatan diharapkan seluruh tim keperawatan mampu :
a.       Menumbuhkan cara berfikir kritis
b.      Menumbuhkan cara berfikir tentang tindakan keperawatan yang berorientasi pada masalah klien
c.       Meningkatkan cara berfikir yang sistematis
d.      Meningkatkan kemampuan validitas data pasien
e.       Meningkatkan kemampuan menentukan diagnose keperawatan
f.       Meningkatkan kemampuan justifikasi
g.      Meningkatkan kemampuan menilai hasil kerja
h.      Meningkatkan kemampuan memodifikasi rencana asuhan keperawatan
  1. Manfaat
1.      Bagi perawat
a.       Terciptanya komunitas perawatan yang professional
b.      Terjalin kerjasama antar TIM
c.       Perawat dapat melaksanakan model asuhan keperawatan yang tepat dan benar
2.      Bagi pasien
a.       Masalah pasien dapat teratasi
b.      Kebutuhan pasien dapat terpenuhi




















BAB 2
PERENCANAAN

  1. Topik               : Perawatan klien dengan Diagnosa Post op. Apendicitis
  2. Sasaran            : Tn A
  3. Waktu                         : pukul 09.00-10.00 wib
  4. Hari/Tanggal   : 14 April 2012
  5. Tujuan
3.      Tujuan Umum
Setelah dilakukan ronde keperawatan diharapkan masalah klien dapat teratasi.
4.      Tujuan Khusus
Setelah dilakukan keperawatan diharapkan seluruh tim keperawatan mampu :
i.        Menumbuhkan cara berfikir kritis
j.        Menumbuhkan cara berfikir tentang tindakan keperawatan yang berorientasi pada masalah klien
k.      Meningkatkan cara berfikir yang sistematis
l.        Meningkatkan kemampuan validitas data pasien
m.    Meningkatkan kemampuan menentukan diagnose keperawatan
n.      Meningkatkan kemampuan justifikasi
o.      Meningkatkan kemampuan menilai hasil kerja
p.      Meningkatkan kemampuan memodifikasi rencana asuhan keperawatan
  1. Sasaran
Klien Tn. A, Umur 24 th yang dirawat di ruang Bedah RSU Cepat sembuh.
  1. Materi
a.       Teori Perawatan Dx Apendicitis dan sepsis
b.      Masalah-masalah keperawatan yang muncul pada klien dengan Dx Apendicitis dan sepsis.
  1. Metode
1.      Diskusi
2.      Bed side teaching
  1. Media

  1. Proses Ronde
NO
TAHAP
WAKTU
PENANGGUNG JAWAB
1
Pra Ronde:
·         Menentukan kasus & topik
·         Menentukan Tim ronde
·         Informed Consent
·         Membuat Pra planning
·         Diskusi
·         Mencari Sumber Literatur

5 April 2012

               

Kepala Ruangan
Ketua TIM
Perawat 1
Perawat 2
Ahli Gizi
Dokter spesialis

2
Ronde :
·         Penyampaian Masalah
·         Diskusi
·         Validasi data ke pasien dan keluarga

6 April 2012


Seluruh anggota kelompok

3
Post Ronde :
Evaluasi Pelaksanaan Ronde
Revisi & Perbaikan

9 April 2012

Seluruh anggota kelompok


  1. Alur Ronde
(cari dibuku manajemen keperawatan)
  1. Peserta Ronde
Kepala Ruangan          : Husein Makhrudy
Ketua Tim                   : Rizki Eka A.
Perawat 1                    : Abdul Govur
Perawat 2                    : Arliyawati
Ahli Gizi                     : Dina Hertanti
Dokter Spesialis          : Nur Ita
Pasien                          : Kharis Dimyati
Keluarga Px                : Noki Angga
Narator                        : Tri Mentari

  1. Evaluasi (Persiapan-proses-hasil)


SURAT PERSETUJUAN
Yang bertanda tangan dibawah ini :
            Nama                           :
            Umur                           :
            Jenis Kelamin              :
            No.KTP/SIM/lainnya  :
            Alamat                                    :

            Untuk                          : ڤ Diri sendiri            ڤ Isteri                ڤ Suami
                                                  ڤ Anak                     ڤ Orang Tua       ڤ Lainnya  
            Nama Klien                 :
            Umur
            Jenis Kelamin              :
            Alamat                                    :

            Ruangan                      :
            Rekam Medis No.       :
            Dengan ini menyatakan sesungguhnya telah :
            Memberikan Persetujuan dan telah mendapatkan  penjelasan  tentang maksud dan tujuan dilakukannya Ronde Keperawatan.           Demikianlah persetujuan ini diberikan agar dipergunakan sebagaimana mestinya.

                                                                  Mojokerto, 6 April 2010     
Perawat Yang Menerangkan                                       Pasien


           
                                                                                    

 Saksi-saksi :                                                    Tanda Tangan
                                                                                   
1. ……………………………..                  1. ……………………
2. ……………………………..                  2..……………………






DOKUMENTASI RONDE KEPERAWATAN

I. IDENTITAS KLIEN
Nama Klien                 :
            Umur                           :
            Jenis Kelamin              :
            Ruangan                      :
            Rekam Medis No.       :
            Diagnosa Medis          :

II. MASALAH-MASALAH KEPERAWATAN
1.      …………………………………………………………..
2.      …………………………………………………………..
3.      …………………………………………………………..
4.      …………………………………………………………..
5.      …………………………………………………………...
6.      …………………………………………………………...

III. SARAN
            ……………………………………………………………………………..
            ……………………………………………………………………………..
            ……………………………………………………………………………..
            ……………………………………………………………………………..
            ……………………………………………………………………………..
            ……………………………………………………………………………..
            ……………………………………………………………………………
            …………………………………………………………………………….
                                                            Mojokerto, …………….2010

                        Kepala Ruangan                                              Ketua TIM