Friday 21 June 2013

Rencana TAKS dan Strategi Pelaksanaan

RENCANA TERAPI AKTIVITAS KELOMPOK
SESI  1 : KEMAMPUAN MEMPERKENALKAN DIRI DAN MEMPERKENALKAN ORANG LAIN
A.      TOPIK
Sesi 1 : Kemampuan memperkenalkan diri dan memperkenalkan orang lain
B.      TUJUAN
Tujuan Umum : klien mampu berkenalan dengan anggota kelompok
Tujuan khusus :
1.       Klien dapat memperkenalkan diri sendiri : nama lengkap, nama panggilan, asal dan hoby.
2.       Klien dapa menanyakan diri anggota kelompok lain : nama lengkap, nama panggilan, asal dan hoby.
3.       Klien mampu mengenal nama – nama perawat
C.      LANDASAN TEORI





                Terapi Aktivitas Kelompok (TAK) merupakan salah satu terapi modalitas yang dilakukan perawat kepada sekelompok klien yang mempunyai masalah keperawatan yang sama. Aktivitas digunakan sebagai terapi dan kelompok digunakan sebagai target asuhan. Tujuan dari Terapi Aktivitas Kelompok antara lain membantu klien berhubungan dengan orang lain serta membantu mengubah perilaku yang destruktif dan maladaptive. Saat ini TAK yang dilakukan pada klien bertujuan untuk memfasilitasi kemampuan memperkenalkan diri dan memperkenalkan orang lain.
                Terapi Aktivitas Kelompok Sosialisasi (TAKS) adalah upaya memfasilitasi kemampuan sosialisasi sejumlah klien dengan masalah hubungan social.

D.      KLIEN
1.       Karakteristik Klien
-          Klien dapat diajak bekerja sama
-          Klien dengan
2.       Proses Seleksi
-          Pengkajian oleh mahasiswa
-          Penyelesaian masalah berdasarkan masalah keperawatan dengan criteria klien tidak disoreintasi dan tidak inkoheren.
-          Sehat fisik, cukup kooperatid dan dapat memhami pesan yang diberikan.
-          Mengklarifikasi klien dan bekerja sama dengan perawat.
-          Mengadakan kontrak dengan klien.
3.       Jumlah Klien:  orang




E.       PENGORANISASIAN
1.       Waktu
a.       Hari/Tanggal       : Jumat/23 Desember 2011
b.      Pukul                     : 09.40-11.20 WIB (45menit)
Fase orientasi    10 menit
Fase kerja           25 menit
Fase terminasi   10 menit
c.       Tempat                                : Ruang kuliah 129

2.       Tim Terapis
- Setting       : Peserta dan terapis duduk bersama dalam lingkaran.
- Ruangan nyaman dan tenang.






Keterangan:
K: Klien                         L: Leader                              CL: Co Leader
O: Observer                               F: Fasilitator
- Tim terapis dan uraian tugas
Leader :
Uraian Tugas:
a.       Menjelaskan tujuan pelaksanaan TAK
b.      Menjelaskan peraturan kegiatan TAK
c.       Mampu memotivasi anggota untuk aktif dalam kelompok.
d.      Mampu memimpin TAK dengan baik
Co Leader:
Uraian Tugas:
a.       Menyampaikan informasi dari fasilitator ke leader tentang aktivitas klien
b.      Mengingatkan leader jika kegiatan menyimpang
c.       Mengingatkan leader tentang waktu
Fasilitator:
Uraian Tugas:
a.       Memfasilitasi klien yang kurang aktif
b.      Berperan sebagai role model bagi klien selama kegiatan berlangsung
c.       Mmerpertahankan kehadiran peserta
Observer:
Uraian Tugas:
a.       Mengobservasi jalannya atau pross kegiatan
b.      Mencatat perilaku verbal dan nonverbal klien selama kegiatan berlangsung


3.       Metode dan Media
a.       Metode: Bermain peran/simulasi
b.      Alat:
- Papan nama (untuk terapis) dan mahkota mainan (untuk klien)
- Buku catatan dan pulpen
- Jadwal kegiatan klien
               
F.       PROSES PELAKSANAAN
1.       Persiapan
a.       Mengingatkan kontrak kepada klien
b.      Mempersiapkan alat dan tempat pertemuan
2.       Orientasi
a.       Salam terapeutik
- Salam dari terapis kepada klien
- Klien dan terapis memakai papan nama dan mahkota
b.      Evaluasi/ Validasi
        Terapis menanyakan perasaan klien
c.       Kontrak
Terapis menjelaskan tujuan kegiatan yang akan dilaksanakan, yaitu :
o   Klien dapat memperkenalkan diri sendiri : nama lengkap, nama panggilan, asal dan hoby.
o   Klien dapa menanyakan diri anggota kelompok lain : nama lengkap, nama panggilan, asal dan hoby.
o   Klien mampu mengenal nama – nama perawat
Terapis menjelaskan aturan main sbb:
o   Jika ada klien yang ingin meninggalkan kelompok, harus minta izin pada terapis
o   Lama kegiatan 45 menit
o   Setiap klien mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir
3.       Tahap Kerja
a.       Terapis dank lien menyanyi bersama (kepala  pundak lutut kaki) sambil memegang bagian tubuh yang di nyanyikan. Kemudian terapismemberi contoh dengan  memegang kepala namun mengucapkan kata pundak, nah ketika klien ikut memegang kepala berarti si  klien tersebut salah. Soalnya seharusnya yang benar memegang pundak, maka si klien harus berdiri untuk memperkenalkan dirinya dan menanyakan nama klien lain disampingnya. Ulangi sampai klien mendapat giliran.
b.      Beri pujian dan mahkota mainan pada setiap klien selesai berkenalan.
4.       Tahap Terminasi
a.       Evaluasi
Terapis menanyakan perasaan klien setelah mengikuti TAK.
Terapis memberikan pujian atas keberhasilan kelompok.
b.      Tindak Lanjut
Terapis menganjurkan klien untuk menerapkan cara yang telah dipelajari.
Memasukkan kegiatan dalam kegiatan jadwal kegiatan harian klien
c.       Kontrak Yang Akan Datang
Terapis membuat kesepakatan dengan klien untuk TAK yang berikutnya.
Terapis membuat kesepakatan waktu dan tempat

G.     KRITERIA EVALUASI
1.    Evaluasi struktur
a.       Proposal TAK telah dipersiapkan dan dikonsulkan terlebih dahulu
b.      Koordinasi dengan dosen pembimbing
c.       Media dan alat telah dipersiapkan
d.      Tempat pertemuan telah disiapkan
2.       Evaluasi proses
a.       Pelaksanaan TAK sesuai kontrak yang telah disepakati
b.      Klien mengikuti kegiatan TAK dari awal sampai selesai
c.       Klien kooperatif selama kegiatan TAK
d.      Media dan alat dapat dipergunakan dengan baik
e.      Klien dan mahasiswa menyepakati kontrak pertemuan selanjutnya
f.        Klien bersedia mengikuti TAK selanjutnya dan memasukkan dalam jadwal
3.       Evaluasi hasil
a.       100% klien dapat mengikuti TAK dari awal sampai akhir
b.      90% peserta TAK dapat mencontohkan cara berkenalan
c.       Tersepakati kontrak pertemuan selanjutnya

H.      STRATEGI PELAKSANAAN
Terlampir

I.        FORMAT EVALUASI
Terlampir



















STRATEGI PELAKSANAAN (SP)

1.Persiapan
a. Mempersiapkan alat dan tempat pertemuan
b. mengingatkan kontrak dengan klen
c. Memberi kesempatan klien untuk memnuhi kebutuhan dasarnya (BAB,BAK, minum)

2. Orientasi
a. Salam terapeutik
            “selamat pagi bapak-bapak/ibu-ibu?masih ingat dengan saya dan teman-teman saya kan??Iya betul, bagus sekali yah ternyata bapak dan ibu masih mengingat kami. Saya ingatkan lagi ya pak, buk. Nama saya Husein makhrudy, saya biasa di panggil Husein dan saya akan memimpin acara ini. Dan rekan-rekan saya yang disebelah saya ini namanya,  rizki eka, senangnya di panggil eka. Yang disebelah sana, bernama Anggie Choirunnasari biasa di panggil Anggi. Yang disebelah sana, bernama, Vita vigesela senangnya di panggil Vita. Dan yang disebelah sana bernama, devi rosdiana, senang di panggil devi. Dan yang disebelah sana bernama Pande Komang sadyana, senang di panggil Pande. Dan yang berdiri disebelah sana, bernama ilmy jannah Budiatika, senangnya di panggil Tika. Sudah kenal semua kan?? Bagus!!
            “ sebelum acara kita mulai ada yang memimpin doa tidak??bagus!!...silahkan pak dipimpin doanya…”
b. Evaluasi/validasi
            “bagaimana perasaan bapak/ibu hari ini??
            “ bagus sekali ya…karena hari ini perasaan bapak dan ibu sedang senang semua”
c. Kontrak
o   Menjelaskan waktu dan tempat
“bapak-bapak, ibu-ibu kita berkumpul disini selama 45 menit”
o   Menjelaskan Topik pertemuan
“ sesuai janji, kita berkumpul disini untuk mengikuti kegiatan terapi aktivitas kelompok sesi 1 yaitu cara berkenalan”
o   Menjelaskan tujuan kegiatan



No comments:

Post a Comment